Makalah Penerapan Data Mining Tugas Basis Data Lanjut

MAKALAH BASIS DATA LANJUT
“PENERAPAN DATA MINING”
Makalah Ini Dibuat Untuk Menyelesaikan Tugas Basis Data Lanjut





















PROGRAM STUDI ILMU KOMPUTER
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS PAKUAN BOGOR
2016 


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan makalah “Penerapan Data Mining” ini. Dalam makalah ini kami menjelaskan mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan data mining. Makalah ini dibuat dalam rangka menambah ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi dan menyelesaikan tugas dari mata kuliah Basis Data Lanjut.
Saya menyadari dalam makalah ini masih banyak kesalahan dan kekurangan. Hal ini disebabkan terbatasnya kemampuan, pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki. Namun banyak pula pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan masalah dan memberikan pemikiran yang akhirnya makalah ini dapat terselesaikan
Akhir kata semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan penulis pada khususnya, penulis menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini masih jauh dari kata sempurna untuk itu penulis menerima saran dan kritik yang bersifat membangun demi perbaikan kearah kesempurnaan. Penulis sampaikan terima kasih.


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
1.2 TUJUAN PENULISAN
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN DATA MINING
2.2 FUNGSI DAN TUJUAN DATA MINING
2.3 PENERAPAN DATA MINNING
2.4 METODE DATA MINING
2.5 PROSES DATA MINING
2.6 TEKNIK DATA MINING
BAB III
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
4.2 Saran
DAFTAR PUSTAKA

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
Penyimpanan dokumen secara digital berkembang dengan pesat seiring meningkatnya penggunaan komputer. Kondisi tersebut memunculkan masalah untuk mengakses informasi yang diinginkan secara akurat dan cepat. Oleh karena itu, walaupun sebagian besar dokumen digital tersimpan dalam bentuk teks dan berbagai algoritma yang efisien untuk pencarian teks telah dikembangkan, teknik pencarian terhadap seluruh isi dokumen yang tersimpan bukanlah solusi yang tepat mengingat pertumbuhan ukuran data yang tersimpan umumnya. Pencarian informasi (Information Retrieval) adalah salah satu cabang ilmu yang menangani masalah ini yang bertujuan untuk membantu pengguna dalam menemukan informasi yang relevan dengan kebutuhan mereka dalam waktu singkat. Aplikasi pencarian informasi yang telah ada salah satunya adalah web mining untuk pencarian berdasarkan kata kunci dengan teknik clustering. 
Selain itu, pada dokumen dilakukan juga text mining dan perhitungan jumlah kata, dari jumlah kata tersebut dilakukan pengklusteran dengan metode CLHM (Centroid Linkage Hierarchical Method). Untuk jumlah klusternya, pemakai tidak mengetahui berapa jumlah yang tepat untuk mengklusterkan dokumen-dokumen tersebut. Untuk itu, dipakailah metode Hill Climbing yang bertugas untuk melakukan identifikasi terhadap pergerakan varian dari tiap tahap pembentukan kluster dan menganalisa polanya sehingga jumlah kluster akan terbentuk secara otomatis. Penggunaan  text mining, pengklusteran dengan CLHM dan proses Hill Climbing Automatic Clustering sangat memudahkan pemakai karena menghasilkan kluster secara otomatis dan tepat dengan waktu yang cepat.

untuk lanjutannya bisa didownload pada link berikut

[update title="Informasi buat sobat" icon="info-circle"]Saat ini sobat sedang membaca artikel Makalah Penerapan Data Mining Tugas Basis Data Lanjut
Sumber:http://www.anthzo.com/2016/09/makalah-penerapan-data-mining-tugas.html
Jangan lupa untuk memberikan komentar supaya situs ini terus update, terima kasih.[/update]
Label:

Posting Komentar

[blogger][facebook][disqus]

Image 1 Title

Image 1 Title
Sesuatu yang sangat berharga

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.